Kenapa Internet Di Indonesia Lelet ?

Koneksi internet di Indonesia tentunya merupakan pembahasan yang sangat kontroversial bagi kalangan netizen Indonesia. Kenapa ? karena Internet di Indonesia bisa ngebuat emosi naik. Gue pernah baca pertanyaan seseorang di salah satu sosial media "kenapa sih internet di Indonesia itu lemot banget, gak kaya di negara tetangga? Apa karena tiangnya kurang tinggi ?"


Sebenarnya bukan karena tiangnya yang kurang tinggi, tapi menurut gue pribadi infrastruktur di Indonesia yang belum mencukupi kata sempurna, karena internet itu jelas membutuhkan infrastruktur yang baik. Belum lagi, sebuah perusahaan harus ngebangun kabel telpon, tower pemancar (menara eiffelnya Indonesia) yang harganya itu fantastis banget hanya untuk ngebaca artikel gue ini.


Perkembangan internet berbanding dengan infrastruktur lainnya. Jalan raya di Indonesia aja masi banyak yang bolong, jembatan masih banyak yang ambruk, bahkan masih ada beberapa desa yang tidak kebagian jatah listrik. Artinya apa ? ngebangun infrastruktur itu gak murah, butuh duit yang ssangat fantastis jumlahnya. Tapi sebentar, negara tetangga juga gak lebih kaya dari Indonesia, tapi kok internetnya bisa cepet ? Faktor utamanya itu adalah faktor geografis. Kadang- kadang kita lupa negara kita itu luasnya luas banget dan banyak banget pulau- pulaunya. Belum lagi ada hutan, gunung meletus, macan lepas, cabe- cabean sampe ombak di laut yang besar banget.

Artinya, kondisi geografis di Indonesia ini merupakan tantangan kita untuk ngebangun infrastruktur yang lebih baik lagi dan gak kaya negara tetangga. Oke, gausa ribet, kita pake contoh kalo kita mau ngebangun rumah pasti butuh duit yang banyak dan belum lagi kalo kondisi geografisnya tidak memungkinkan.

So, kesimpulannya udah sering kita liat di berita- berita kalo internet Indonesia itu adalah yang terlambat di dunia atau yang lebih bangga dikit, internet Indonesia terlemot ke dua di dunia (sumber beritanya gue lupa). Tapi apapun yang terjadi, jangan benci internet karena internet itu sumber informasi, ensiklopedia, tempat copas pr para pelajar Indonesia, nyari video, nyari jodoh dan masih banyak lagi.

Jadi, sekian untuk catatan gue hari ini karena kuota internet gue udah mau habis gara- gara nulis catatan ini. Kalo ada masukkan, kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar atau :

marchelhadis@gmail.com



Post a Comment

Komentar yang kalian masukkan akan gue hapus kalo ada yang mengandung unsur pornografi, kekerasan, SARA dan unsur negatif lainnya.