Olahraga Terkenal

Kalian semua pasti tau dong, olahraga apa yang paling terkenal di dunia ? Pastinya sepak bola. Tapi, kalian tau gak sih apa yang ngebuat sepak bola itu jadi olahraga paling terkenal di dunia dan apa sih yang spesial dari olahraga ini ?


Pasti kalian semua tau kan, sepak bola itu adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dibilang paling simpel dari jenis olahraga lainnya. Peraturannya aja cuma masukkin bola ke gawang pake kaki (kalo pake tangan ntar kaya Maradona). Bahkan orang yang baru ngeliat permainan sepak bola pun pasti bakal langsung ngerti dan paham tentang peraturan yang ada disepak bola.


Gak cuma simpel diperaturan, tapi diperalatannya juga simple (gak perlu ada infrastruktur yang khusus). Apalagi di Indonesia, cukup sendal jepit buat patokan gawang dan botol plastik buat jadi bolanya dan tentu saja bisa dibeli di warung terdekat. Tempat main sepak bola di Indonesia juga gak perlu lapangan mewah kaya di luar negeri, cukup lapangan parkir aja udah bisa dipake buat main sepak bola, tapi jangan sampe kenal mobil orang, bakal mahal ongkosnya dibanding lu beli sendal jepit dan botol plastik di warung.


Untuk jadi pesepak bola aja gak perlu banyak syarat fisik, gak kaya pemain basket yang badannya musti tinggi, dan gede kaya pemain rugby. Asal bisa lari aja udah bisa jadi atlet sepakbola =D. Sepak bola itu sama halnya kaya budaya seperti bahasa, makanan, pakaian dan lainnya yang diekspor dari negara- negara Eropa khususnya Inggris.



Jadi, apa pendapat lo semua tentang sepak bola ? Lo bisa kirim pendapat lo lewat kolom komentar di bawah atau kalian bisa kirim melalui :
marchelhadis@gmail.com


Ayam Atau Telur ?

Ayam dan telur adalah dua kata yang paling akrab sama manusia. Tapi nyatanya, masi banyak orang berantem karena si ayam dan telur ini. Padahal masalahnya itu cuma ada satu, yaitu mana duluan ayam apa telur ? Pertanyaan ayam dan telur adalah salah satu permainan tebak- tebakkan tertua di dunia yang jawabannya masih banyak diperdepatkan oleh berbagai kalangan.


Ada yang bilang kalo ayam lebih dulu karena telur gak mungkin ada kalo gak ada "niatan" dari bapak dan ibu si calon ayam. Ada juga yang bilang telur duluan karena ayam mengalami masa kecil duluan dari si telur. Tapi apa sebenernya jawaban dari pertanyaan yang ngeselin ini ?


Berdasarkan info yang gue dapat dari penelitian di Inggris, bahwa telur ternyata memiliki kandungan protein yang hanya bisa berasal dari rahim si ayam dan oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa yang dikatakan si peneliti harus ada ayam dulu baru si telur.

Tapi tunggu dulu, ternyata masalah ini lebih kompleks dari yang gue duga. Kenapa ? karena jika kita menuju dari teori evolusi maka jawabannya adalah telur ayam duluan yang ada baru ada si ayam. Gimana bisa ? simplenya gini, jaman dulu belum ada yang namanya ayam dan cuma ada nenek moyang dari ayam. Selama jutaan tahun nenek moyang ayam ini terus berevolusi. Evolusi ini terjadi karena tiap kali si nenek moyang beranak, anaknya ga bisa sama persis seperti induknya. Dan evolusi ini berlangsung selama berjuta- juta tahun yang akhirnya muncul sebuah telur ayam yang sekarang kita kenal.


Jadi, catatan gue kali ini sukses ngebuat kalin bingung, tapi begitulah ilmu pengetahuan. Seperti yang dikatakan Einstein "The more I learn, the more i realize. How much I don't know". Jadi selamat mencari tau lagi dan kalo kalian laper karena catatan gue kali ini, silahkan goreng ayam dan telur yang sukses bikin kalian pusing.

Kenapa Internet Di Indonesia Lelet ?

Koneksi internet di Indonesia tentunya merupakan pembahasan yang sangat kontroversial bagi kalangan netizen Indonesia. Kenapa ? karena Internet di Indonesia bisa ngebuat emosi naik. Gue pernah baca pertanyaan seseorang di salah satu sosial media "kenapa sih internet di Indonesia itu lemot banget, gak kaya di negara tetangga? Apa karena tiangnya kurang tinggi ?"


Sebenarnya bukan karena tiangnya yang kurang tinggi, tapi menurut gue pribadi infrastruktur di Indonesia yang belum mencukupi kata sempurna, karena internet itu jelas membutuhkan infrastruktur yang baik. Belum lagi, sebuah perusahaan harus ngebangun kabel telpon, tower pemancar (menara eiffelnya Indonesia) yang harganya itu fantastis banget hanya untuk ngebaca artikel gue ini.


Perkembangan internet berbanding dengan infrastruktur lainnya. Jalan raya di Indonesia aja masi banyak yang bolong, jembatan masih banyak yang ambruk, bahkan masih ada beberapa desa yang tidak kebagian jatah listrik. Artinya apa ? ngebangun infrastruktur itu gak murah, butuh duit yang ssangat fantastis jumlahnya. Tapi sebentar, negara tetangga juga gak lebih kaya dari Indonesia, tapi kok internetnya bisa cepet ? Faktor utamanya itu adalah faktor geografis. Kadang- kadang kita lupa negara kita itu luasnya luas banget dan banyak banget pulau- pulaunya. Belum lagi ada hutan, gunung meletus, macan lepas, cabe- cabean sampe ombak di laut yang besar banget.

Artinya, kondisi geografis di Indonesia ini merupakan tantangan kita untuk ngebangun infrastruktur yang lebih baik lagi dan gak kaya negara tetangga. Oke, gausa ribet, kita pake contoh kalo kita mau ngebangun rumah pasti butuh duit yang banyak dan belum lagi kalo kondisi geografisnya tidak memungkinkan.

So, kesimpulannya udah sering kita liat di berita- berita kalo internet Indonesia itu adalah yang terlambat di dunia atau yang lebih bangga dikit, internet Indonesia terlemot ke dua di dunia (sumber beritanya gue lupa). Tapi apapun yang terjadi, jangan benci internet karena internet itu sumber informasi, ensiklopedia, tempat copas pr para pelajar Indonesia, nyari video, nyari jodoh dan masih banyak lagi.

Jadi, sekian untuk catatan gue hari ini karena kuota internet gue udah mau habis gara- gara nulis catatan ini. Kalo ada masukkan, kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar atau :

marchelhadis@gmail.com